Enter your keyword

Kegiatan Mahasiswa

Student Program Studi Sarjana Biologi melakukan kegiatan untuk mendukung dan meningkatkan pengalaman serta wawasan mahasiswa, diantaranya :

KEGIATAN AKADEMIK

Kuliah Tamu

Kuliah tamu merupakan kegiatan kuliah dengan mendatangkan narasumber maupun praktisi yang berasal dari industri, institusi atau lembaga penelitian di Bidang Biologi. Tujuan dari kegiatan kuliah tamu adalah untuk memperluas wawasan, update informasi terbaru terkait dunia kerja dan meningkatkan pemahaman mahasiswa terkait aplikasi ilmu yang dipelajari dengan dunia kerja.

Kuliah Lapangan

Kuliah lapangan merupakan kegiatan kunjungan ke industri atau lapangan dengan tujuan untuk menunjang aktivitas perkuliahan di kelas. Pada kegiatan ini mahasiswa akan berkunjung untuk melihat proses aplikasi ilmu yang dipelajari di kelas atau melakukan pengambilan data di lapangan.

Kerja Praktik

Kerja praktik merupakan salah satu mata kuliah dengan beban 3 sks dengan kode mata kuliah BI3090. Kerja praktik dilaksanakan oleh mahasiswa semester 6 dengan bekerja di suatu perusahaan/lembaga/institusi dan masyarakat yang bergerak di bidang biologi dalam rangka mendapatkan pengalaman kerja, menerapkan berbagai pengetahuan dasar biologi yang diperoleh pada bidang pekerjaan yang sesuai, serta menyusun hasil kerja praktik dalam laporan tertulis.

PROGRAM MERDEKA BELAJAR - KAMPUS MERDEKA (MBKM)

Mulai tahun akademik 2020/2021, mahasiswa diberi kesempatan untuk belajar di luar kampus melalui Program Merdeka Belajar (MBKM) untuk mengasah kemampuan mahasiswa sesuai bakat dan minat sebagai persiapan karir di masa depan. Melalui program ini, mahasiswa diharapkan dapat memiliki kompetensi unggul dan siap menjawab berbagai kebutuhan masyarakat. Dalam program MBKM, Kemendikbudristek menawarkan beberapa program, diantaranya yakni Magang Bersertifikat, Pertukaran Mahasiswa Merdeka, Kampus Mengajar dan Studi Proyek Independen Bersertifikat. Dari hal tersebut diharapkan dapat menjadi akselerator hubungan antara dunia akademik, masyarakat, dan industri. Dengan demikian, tujuan pembangunan masyarakat Indonesia dapat diraih dengan cepat sesuai dengan yang telah dicita-citakan.

Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PPMM)

Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM) merupakan sebuah program pertukaran mahasiswa dalam negeri selama 1 (satu) semester yang akan mengajak para mahasiswa penerus bangsa, untuk mendapatkan pengalaman belajar di perguruan tinggi (PT) terbaik di seluruh Indonesia. Melalui program ini, mahasiswa akan mendapatkan pengakuan kredit hingga 20 SKS. Mahasiswa juga dapat merasakan secara langsung keberagaman budaya nusantara, baik secara tertulis maupun praktik.

Pengabdian kepada Masyarakat program MBKM (PkM-MBKM)

PkM-MBKM merupakan program pengabdian masyarakat yang mendukung implementasi MBKM bagi mahasiswa program sarjana (S1). Kegiatan ini diharapkan dapat mendukung penerapan ilmu pengetahuan dari perguruan tinggi kepada masyarakat sehingga menjadi salah satu solusi dalam menghadapi permasalahan lingkungan, ekonomi, sosial, dan budaya serta menjadi bagian dari pembelajaran langsung bagi mahasiswa dalam bermasyarakat.

en_USEnglish
X